Tips Menjawab Soal Reading IELTS tentang Matching Headings

ilustrasi Matching Heading. http://www.Frosemounts.org

IELTS (International English Language Testing System) menjadi salah satu tes resmi yang wajib diambil oleh orang-orang yang ingin kuliah di luar negeri. Tes ini terdiri dari empat skil (Listening, Reading, Writing & Speaking) dengan total waktu 2 jam 45 menit.

Biaya tes IELTS adalah 3 juta rupiah. Mahal bukan? sayangnya banyak yang tidak mempersiapkan diri dengan benar sehingga tidak mendapatkan skor maksimal (minimal 6.5 ) untuk bisa mendapatkan beasiswa atau diterima di kampus luar negeri.

Tentunya, tanpa persiapan matang, uang 3 juta bisa hangus sia-sia. Nah, di tulisan kali ini saya akan coba membahas soal Reading IELTS khusus untuk tipe Matching Headings.

Baiklah, yuk kita mulai!

Tipe Matching Headings mengharuskan pengambil tes untuk menyocokkan Heading yang diberikan dengan setiap paragraf yang ada pada teks/bacaan. Sebuah teks bisa memiliki 7-10 paragraf dengan total sekitar 2 ribu kata. Banyak bukan?

Nah, Heading yang diberikan bisa lebih banyak dari jumlah paragraf. Disini bisa saja waktu terbuang hanyak untuk menyocokkan heading yang tidak sesuai jika tidak memahami tehnik menjawab soal dengan baik.

Saya akan menjelaskan beberapa strategi agar lebih mudah menjawab soal dengan tipe Matching Headings. Ikuti tahapan sebagaimana urutan di bawah ini:

1. Baca setiap paragraf pada baris pertama dan kedua dan baris akhir dari setiap paragraf.

2. Analisa keywords (kata kunci) untuk setiap paragraf. Jika sudah menemukan keywords maka garis bawahi 

3. Setiap keyword biasanya juga terdapat pada Heading, namun sudah digantikan dengan synonyms(kata lain yang sama makna)

4. Pahami kesimpulan dari setiap paragraf pada baris 1 dan 2. 

5. Cek di pilihan Heading dan pilih yang memiliki kesimpulan yang sama.

Jangan lakukan hal berikut:

1. Jangan mencari kata yang sama yang didapat pada Heading lalu menyocokkan ke paragraf

2. Hindari membaca teks secara keseluruhan, cukup sebagian saja.

3. Jangan membaca untuk memahami kata per kata, cukup kesimpulan saja.

4. Hindari membaca berulang kali 

5. Menghabiskan waktu sampai 2 menit untuk satu soal

Let’s practice!

https://edubenchmark.com

Nah, di soal bacaan diatas ada dua paragraf yang harus disesuaikan dengan Heading yang sesuai dengan inti paragraf. Ingat! Heading sama seperti mencari main idea.

Perhatikan kata deadly Pada baris kedua paragraf A dan kalimat smoked breathed out by a person who is smoking. Kemudian, carilah kata yang sama pada Heading yang diberikan. 

Lalu, kita bisa menemukan kata dangers dan second-hand smoking di heading (ii). Dua kata ini sudah memiliki makna yang sama pada kata deadly dan kalimat smoked breathed out by a person who is smoking.

Jadi, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pilihan Heading (ii) adalah jawaban yang tepat untuk paragraf A. mudah bukan?

Kemudian lanjukan ke paragraf B, lihat frasa smoking areas indoors dan to separate peopleKeduanya adalah keywords yang harus dicari makna yang sama pada pilihan Heading. INGAT! Cari makna yang sama buka KATA yang sama. Disinilah banyak kesalahan pengambil tes yang terkecoh, lalu memilih pilihan Heading yang salah.

Sekarang lihat ke pilihan Heading yang tersedia. Cukup cari kata yang maknanya sama seperti kedua kata diatas, Perhatikan kata banning dan smoking in public areas.. Maka Pilihan (viii) adalah jawabannya. Gampang atau sulit?

Contoh bacaan di atas hanya dua paragraf, pada tes aslinya ada lebih dari 7 paragraf yang harus dicocokkan dengan Heading yang diberikan. Pastinya lebih sulit jika tidak memahami strategi yang tepat. 

Mau belajar lebih banyak tentang IELTS? ayok cek youtube ini dan subscribe (klik disini). Simak ilustrasi strategi dan tips untuk MATCHING HEADING di video berikut:

Jika bermanfaat, silahkan share ke teman-teman yang sedang mempersiapkan tes IELTS atau yang mungkin hendak mengambil IELTS untuk syarat kuliah ke luar negeri.

Penulis,

(Masykur)

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started